Manfaat Business Process Management

Dalam skenario global saat ini, organisasi dari semua ukuran dan jenis dihadapkan pada persaingan yang ketat. Agar tetap kompetitif, tingkatkan efisiensi dan tingkatkan keuntungan mereka, organisasi-organisasi ini beralih ke proses perbaikan melalui Business Process Management (BPM).

Penting untuk dicatat bahwa BPM adalah kombinasi dari praktik yang berpusat pada penggerak nilai organisasi melalui budaya proses-perbaikan. Ini bisa sesederhana mendefinisikan proses yang tidak jelas, terus mencari area perbaikan dan melakukan perubahan, atau serumit usaha rekayasa ulang proses bisnis yang lengkap. Apapun pendekatan Anda, pasti ada banyak manfaat yang bisa didapat. Artikel ini membahas beberapa manfaat utama yang dapat Anda harapkan dengan BPM.

Agility

Organisasi selalu dihadapkan pada kebutuhan akan perubahan. Perubahan mungkin menjadi penting karena peraturan baru, permintaan pasar atau munculnya cara kerja baru.

Salah satu fitur utama BPM adalah memfasilitasi desain proses yang fleksibel. Dengan BPM, Anda mendapatkan fleksibilitas untuk melakukan perubahan pada proses dengan biaya minimal. Proses dapat dengan mudah disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan organisasi Anda.

Produktivitas

BPM dapat memfasilitasi otomatisasi banyak elemen berulang dalam alur kerja reguler. Proses perbaikan seperti penghapusan kemacetan, pengenalan pengolahan paralel, dan penghapusan langkah-langkah redundan dapat dengan mudah dicapai dengan BPM. Perbaikan ini akan memungkinkan karyawan meluangkan lebih banyak waktu untuk kegiatan lain karena fungsi pendukung utamanya akan ditangani. Hal ini berarti meningkatkan produktivitas dan mengurangi limbah.

Efisiensi & Mengurangi Resiko

Visibilitas proses bisnis memungkinkan konsentrasi pada inefisiensi. Karena BPM memberi kesempatan kepada organisasi untuk bekerja lebih efisien, mereka dapat menghemat sumber daya mereka. BPM juga menghasilkan proses yang dirancang lebih baik, dijalankan dan dipantau yang dapat membantu mengurangi risiko kecurangan.

Kepatuhan & Transparansi

Organisasi harus mematuhi peraturan industri. BPM memastikan bahwa organisasi dapat menerapkan persyaratan peraturan dengan cepat, sehingga mencegah penundaan kepatuhan dan denda terkait. Bila Anda mengadopsi BPM, Anda mengintegrasikan kepatuhan ke dalam siklus hidup proses. Ini juga menyiratkan bahwa proses organisasi akan menjadi transparan dan terlihat oleh karyawan.

Kepuasan Karyawan

BPM menghilangkan banyak birokrasi dalam organisasi dan memungkinkan karyawan untuk memfokuskan 100% pada pekerjaan mereka karena otomatisasi proses mengurangi banyak pekerjaan berulang dan mempermudah akses informasi. Hal ini pada gilirannya membuat peningkatan produktivitas dan tenaga kerja yang lebih bahagia.

Fokus Pelanggan

Dengan proses yang lebih ramping dan peningkatan produktivitas, karyawan lebih mampu memusatkan perhatian pada pelanggan. Akan ada peningkatan kapasitas untuk merespon proposal dengan lebih cepat, membangun solusi lebih cepat dan menyesuaikan dengan lebih cepat. BPM juga membawa orang dan teknologi bersama dengan cara yang meningkatkan kepuasan pelanggan.

Dengan BPM, karyawan dapat fokus pada kegiatan yang memberikan hasil yang tepat bagi pelanggan dan pemangku kepentingan.

Konsistensi, Repeatability & Transferability

Dengan BPMS, setiap tugas dijalankan seperti yang direncanakan dan dirancang. Masalah yang identik ditangani dengan cara yang sama dan tidak perlu menemukan kembali kemudi, meski perannya berubah. Situasi dan tanggapan yang luar biasa juga dapat didefinisikan secara jelas dengan BPM untuk memastikan mereka ditangani dengan tepat.

Integrasi Teknologi

BPMS menjembatani kesenjangan komunikasi antara pengguna bisnis dan TI, berkat penggunaan standar seperti BPMN. Dengan BPM, fokusnya bukan pada “aplikasi” tapi pada “proses”, bersamaan dengan aplikasi yang mendukungnya.

Artikel ini telah menyoroti beberapa manfaat yang dapat dibawa oleh manajemen proses bisnis ke sebuah organisasi. BPM bukanlah aplikasi perangkat lunak atau kelompok dalam sebuah organisasi, namun ini adalah cara untuk bekerja di dalam organisasi yang memastikannya dapat memperoleh manfaat ini.