Bisnis Rumahan Juga Bisa Menghasilkan

Industri yang sedang berkembang, rumah yang terhubung, atau cerdas menawarkan potensi besar bagi investor dan pelaku industri.

Meskipun ada kegembiraan yang dapat dimengerti di tingkat industri dan di antara pengguna awal yang biasa, adopsi konsumen mainstream masih sangat rendah. Menurut laporan Forrester yang baru-baru ini, sepertiga konsumen tertarik untuk mengadopsi teknologi rumah pintar, namun hanya satu sampai dua persen yang saat ini memiliki perangkat yang terhubung untuk mengendalikan pencahayaan, iklim, energi, peralatan atau memiliki solusi pemantauan di tempat.

Ada hubungan yang jelas antara pasar dan perilaku konsumen yang sebenarnya. Jadi apa yang menahan konsumen kembali? Seiring pertumbuhan pasar rumah pintar, pelaku industri harus mempertimbangkan faktor berikut untuk mendorong adopsi pasar massal.

Kesederhanaan

Banyak solusi otomasi rumah yang saat ini tersedia di pasaran terlalu kompleks untuk konsumen rata-rata. Mereka bisa sulit dipahami dan sering membutuhkan pola pikir teknik untuk memprogram.

Konsumen membutuhkan solusi yang mudah dimengerti dan mudah dipasang. Selain itu, tidak ada konsumen yang menginginkan 12 aplikasi terpisah di telepon mereka untuk mengelola 12 perangkat yang berbeda. Konsumen menginginkan satu aplikasi dan satu antarmuka tunggal untuk mengendalikan berbagai perangkat yang memungkinkan rumah cerdas mereka.

Faktor Manusia

Di dunia “Seluler Pertama” sekarang, pengalaman dan desain pengguna adalah segalanya. Percakapan IoT saat ini sangat tinggi namun hanya sedikit pertimbangan pengguna praktis. Sistem otomasi rumah harus mengatur berbagai perangkat cerdas (segera menjadi lusinan di rumah yang terhubung) dengan cara yang dapat dikurangi menjadi antarmuka pengguna yang sederhana namun kuat.

Desain pengalaman pengguna harus menjadi jagoan sistem. Konsumen akan merangkul rumah mereka yang terhubung hanya jika sederhana dan intuitif untuk dipasang dan dioperasikan. Dengan desain pengalaman pengguna yang bijaksana, kompleksitas lenyap dan janji tentang apa yang bisa dilakukan rumah pintar menjadi kenyataan.

Interoperabilitas

Sumber kehidupan “Internet of Things” (IoT) adalah kemampuan perangkat untuk berinteraksi tanpa hambatan satu sama lain, namun ekosistem IoT hari ini melibatkan serangkaian produsen, distributor, penyedia layanan dan platform teknologi. Konsumen biasanya harus membeli semua perangkat baik dari produsen tunggal atau saluran distribusi, atau tinggal di dunia terfragmentasi beberapa perangkat yang berjalan pada aplikasi terpisah.

Untuk mencapai kesuksesan pasar massal, pasar rumah pintar harus memberikan pilihan kepada konsumen, sementara pada saat bersamaan memberikan ketenangan pikiran bahwa perangkat dan platform akan saling beroperasi. Upaya terbaru yang dipimpin oleh operator nirkabel dan raksasa teknologi untuk membakukan IoT adalah awal yang baik.

Keberlanjutan

Sangat penting bahwa sistem otomasi berkomitmen untuk terus memperbaiki pengalaman pelanggan. Dukungan, pemeliharaan dan pengembangan produk yang berkelanjutan seringkali merupakan tautan yang hilang dalam solusi yang ada. Investasi ini mahal untuk vendor otomasi rumah yang fokus pada perangkat.

Sebaliknya, penyedia layanan besar berfokus pada penerapan kelas atas yang sering kali berlebihan untuk rumah tangga rata-rata. Upgrade layanan dan platform yang sedang berjalan sangat penting untuk memastikan semua firmware, perangkat lunak, interoperabilitas perangkat dan antarmuka pengguna dipelihara secara teratur.

Keamanan dan privasi

Konsumen memiliki ketakutan yang dapat dimengerti bahwa tanpa perlindungan yang tepat, peretas dapat memperoleh akses ke rumah mereka dan informasi pribadi melalui perangkat yang terhubung. Keamanan dan privasi adalah ancaman yang sah yang tidak dapat diabaikan selama pengembangan produk dan platform.

Pasar massal siap membuka pintu rumah pintar, tapi fondasi yang tepat harus diletakkan agar teknologi dipeluk secara luas. Agar adopsi pasar massal benar terjadi, pabrikan perangkat rumah pintar dan penyedia layanan harus menjadi ahli dalam mengenali dan mengelola keluasan kebutuhan konsumen agar berhasil menciptakan pengalaman yang lengkap dan mulus bagi pengguna. Setiap bagian dari puzz